Rabu, 22 April 2015

GILI ( Surga Dunia Itu ada )

Hay guys ketemu lagi dengan ane penulis untuk blog saujanasemesta.blogspot,com, dan juga anggota the bajs jalan – jalan. Oya kali ini ane mau sedikit cerita tentang gili trawangan tau dong pastinya gili trawangan kalau kalian emang pecinta jalan – jalan sejati dan penikmat keindahan alam pasti tau deh. Ya Gili dalam bahasa Lombok berarti pulau kecil, ya memang Gili Trawangan ini terletak di Lombok, untuk mencapai ke Gili trawangan kita bisa menempuhnya dengan perjalanan darat melalui mataram ibu kota Nusa Tenggara Barat naik angkutan umum menuju Ampenan dari Ampenan lalu menuju ke Pelabuhan Bangsal kemudian naik kapal motor menuju Gili Trawangan. Namun bisa juga melalui Senggigi disana banyak masyarakat lokal atau Nelayan yang menawarkan jasa untuk mengantarkan ke Gili Trawangan tanpa harus ke pelabuhan Bangsal,oya info juga nih buat yang ke Gili melalui pelabuhan Bangsal penyebrangan disana Cuma sampai jam 17.00 aja atau jam 05.00 sore. Kalau ane kemarin waktu ke Gili dari Senggigi karena di tawarin sama nelayan disana dan ane pikir juga sama aja toh dari pada capek2 ke Bangsal dulu karena perjalanan dari senggigi ke Bangsal memerlukan waktu 4 jam, jadi ane pilih nyebrang dari Senggigi aja walau dengan harga yg sedikit lebih mahal karena kita harus menyewa perahu tapi kalau perginya banyakan jauh lebih hemat kok,karena ane kemarin Cuma ber 3 ya jadinya mahal deh di patungan nya...hehehe. terus kalian pasti pada bertanya deh ada apa sih di Gili Trawangan kok banyak orang yang pada pengen kesana, itu juga sih yang ada di benak ane sebelum ane pergi ke sana,kalau dari informasi yang ada internet dan di tipi tipi gili itu pulau yang kece,pasir putihnya yang oke,laut nya yang masih biru, dan disana gada kendaraan bermotor yang ada cuma sepeda dan cidomo ( delman khas gili ), dan yang paling penting nih buat kaum adam di Gili banyak bule – bule berbikini kalau kalian beruntung kalian pasti juga bisa lihat bule bertelanjang dada lagi jemuran... hehehe ( itu kemarin teman ane si ray lihat langsung,tapi doi ga bilang – bilang ke ane ma cukong ).......
            Perjalanan ane bersama 2 rekan teman ane ke Gili Trawangan dimulai pagi buta jam 06.00 dengan harapan agar biar puas main di Gilinya. Langsung aja deh kami pagi itu ke pinggiran pantai Senggigi ketemu dengan bapak nelayan yang sore sebelumnya menawarkan kami untuk menuju Gili. Setelah bertemu dan mengbrol sejenak dengan disertai suguhan kopi dari si bapak kami pun ngobrol2. Lalu kami pun memilih peralatan snorkling ( oya sewa perahu di bapak ini udah include dengan alat snorkling lho ) setelah memilih alat snorkling yang pas dengan suasana hati ditemani hembusan ombak dan deraian angin laut membuka pagi,kami pergi kebibir pantai untuk menuju ke perahu,bantu – bantu dikit bapaknya dorong kapal ke laut. Lalu kami naik perahu, cuaca pagi itu cerah dengan ombak yang tenang,di sepanjang perjalanan mata kami disuguhi pemandangan laut lombok yang biru nan kece,perjalanan senggigi – Gili Trawangan di tempuh selama 3 jam.
Foto dulu sebelum berangkat
            Di sepanjang perjalanan kami pun tak lupa mengaba
Cukong pemuda pangkal pinang harapan orang tuanya satu kampung ma Ahok nih.....
dikannya dengan kamera,momen yang entah kapan bisa di ulang kembali, waktu menunjukan pukul 10.00 dari kejauhan bola – bola di pinggir pantai kelihatan dan hamparan pasir pun terlihat yak kami sudah hampir tiba di Gili Trawangan. Dan ternyata benar info yang ada di internet dan tipi – tipi itu Gili Trawangan sangat bagus dan mempesona begitu yang ada dibenak ane ga tau sih di benak ray dan cukong tapi mungkin hampir sama lah kayak yang ane pikirin. Stelah perahu kami bersandar kami pun bilang ke bapaknya pak kami mau muter – muter Gili dulu ya pak.
Kece badai yak ane
 Kami pun langsung menuju tempat persewaan sepeda ya karena di sini yang ada Cuma sepeda dan cidomo. Setelah melakukan proses tawar menawar harga yang cukup alot kami pun mendapatkan harga yang menurut kami masih masuklah di kantong kami ya kami dapat harga 35ribu persepeda sampai siang nanti tapi kalau sewa nya sehari bisa lebih murah kata si bapak yang punya sepeda ( ya karena kami gada rencana untuk menginap,jadi buat apa sewa sepeda seharian ). Langsung saja kami meluncur untuk menikmati gili lebih dekat,perlahan kami ayun gowesan sepeda menyusuri jalan pasir di gili,dan di sana banyak bertebaran home stay dan temapat penginapan dari yang ber bugjet kecil sampai yang ber bugjet besar dan kafe – kafe berjamur di sana katanya tiap malam di gili akan selalu ada party atau pesta di kafe – kafe yang ada dan penyelenggaraannya itu di gilir untuk setiap kafe yang ada. Dan yang lebih mengasikkan kalian bakalan melihat bule – bule cantik berlalu lalang dengan bikininya dan celana pendeknya ih waow ini yang namanya surga dunia men. Mungkin kalau tinggal di sini ane bisa bahaya,yang ada Cuma party dan party.... wkwkwkwkw
Ray dan Cukong Berfoto
            Kira – kira pukul 10.30 kami istirahat di sebuah dermaga untuk berfoto dan melepas lelah sambil menikmati laut Lombok, setelah puas berfoto kami melanjutkan perjalan menyusuri gili lagi sambil pada sebuah bangunan yang ga tau namanya apa tapi tempatnya bagus kami pun memutuskan untuk beristirahat kembali sambil menikmati hembusan angin dan mata yang di manjakan dengan pemandangan lautan biru yang kece ( pokoknya semua beban hidup terasa ilang,ente serasa ada di surga dunia bro.... ). Saat lagi asik beristirahat ada dua pasangan tua opa dan oma gitu juga sedang asik menikmati kesant
Berasa foto ma artis korea ane.... hahahaha
aian di bagunan itu,kami pun iseng mendekati si oma dan opa itu, mereka turis dari Belgia ( tuh orang belgia aja jauh2 ke gili,masak kalian yang di Indonesia ga mau ke sini juga ), dengan kemampuan bahasa inggris yang ala kadarnya namun kami pede kami ngobrol2 dengan oma dan opa itu, ternyata si oma opa ini emang sering jalan2 keliling dunia,dan ini udah kedua kalinya mereka ke Indonesia tapi mereka sebelumnya ke Bali dan ini pengalaman pertama mereka ke gili dan mereka sangat takjub dengan gili ( waow gili is nice place and that amazing begitulah kata si oma opa kepada kami ) hehehe, si oma opa menanyakan kami berasal dari mana kami jawab saja asal kami berbeda – beda ada yang dari medan,pangkal pinang, toraja namun kami semua kuliah di jogja ( didalam percakapan itu kami mempromosikan daerah kami masing2 kali aja si opa oma ini mau berkunjung ke sana, dan juga kami mempromosikan Jogja namun si opa dan oma tak tau jogja itu dimana hahahaa ) lalu kami menjelaskan letak jogja dengan peta Indonesia yang di bawa oleh si oma opa itu.
Tepian Gili Trawangan
Sisi darat Gili Trawangan salah satu penginapan di gili

di gili banyak jasa yang menawarkan kursus selam
            Dari pembicaraan ini ternyata turis luar hanya mengetahui Indonesia hanya Bali, oh men betapa miris ya padahal Indonesia ga Cuma Bali dan banyak tempat2 di Indonesia yang keren dari Bali... hehehee. Di sela2 ngobrol dengan si oma dan opa,pandangan kami teralih kepada 2 sosok turis wanita asing yang lewat di depan kami mereka sibuk berfoto2 dan tiba – tiba si kedua wanita ini buka baju dan celana di depan kami tanpa rasa canggung dan malu, ya mereka pake bikini sih mereka, namanya juga lelaki pemandangan ini tak boleh dilewatkan,hahahaha...... lalu muncul niat iseng dari kami untuk berfoto dengan kedua mba2 bule itu,saya dan cukong memberanikan diri untuk memulai perbincangan dengan si mba bule....hehehe. dengan pede si cukong minta foto dengan si mba bule ( allow us to take photo with you ) gitu kata si cukong. Dan si mba bule itu pun menerima tawaran kita... hehehe setelah berfoto dengan mba bule kita mau ngajak ngobrol mba bule itu namun si mba bule sepertinya lebih asik berfoto juga dan dia mungkin canggung ngobrol dengan kita, ya sudah kami pun ngobrol lagi dengan si opa dan oma tadi.
sisi darat gili trawangan
            Sinar matahari sudah mulai berada di atas kami,tepat pukul 11.30 kami pamit ke oma dan opa untuk kembali melanjutkan perjalanan mengitari gili, kami berjalan ke ujung utara gili, dan kami menjumpai pantai yang sepi kami pun foto2 di situ. Dan di salah satu pantai yang sepi itu kami melihat ada mba bule berjemur dengan bertelanjang dada ( lalu pasti tau dong apa yang kami lakukan, hehehe )........ perjalanan pun kami lanjutkan karena waktu sewa sepeda hampir habis dan kami juga sudah di tunggu oleh bapak kapal untuk melakukan snorkling di gili meno dan air ( oya gili meno dan air adalah gili tetangga gili trawangan di gili air dan meno jauh lebih bagus karena kedua gili ini tak begitu rame seperti di trawangan ) setelah sempat mencari jalan ke pusat kota gili ( ceritanya kami nyasar gitu di pulau itu,akhirnya kami menemukan jalan pulang ) langsung saja kami mengembalikan sepeda dan menuju kapal kami. Lau lest go menuju gili meno terlebih dahulu,perjalanan ke gili meno di tempuh selama 45 menit kapal kemudian bersandar di bibir pantai,kami pun makan siang dulu karena sudah waktunya dan lapar... hehehe.  Kami pun menyantap makan siang nasi bungkus yang kmai beli tadi pagi di Senggigi. Setelah makan kami pun mulai snorkling sayang kami ga punya kamera under water dan si bapaknya juga ga punya jadi panorama bawah laut gili yak bisa di abadikan.... hehehe
narsis dulu sebelum berangkat keliling gili

Tapi sumpah deh bawah laut gili begitu keren cakep banget, karangnya masih bagus ikan2 nya juga beragam jenisnya dan pokonya kece dah. Setelah puas bersnokling kami istirahat di pantai sambil melihat orang2 yang kebanyakan bule – bule bersnorkling juga.
berfoto di dermaga
Miris sih sebenarnya karena turis lokal hanya sedikit yang kami jumpai padahal sebagai penduduk dari negara yang kaya akan obyek wisata keren kita seharusnya juga menikmatinya jangan ortang asing saja yang menikmati untuk itu yuk mari penduduk negeri bahari dengan jutaan pulau yang indah kita wisata menikmatinya ga usah takut dengan biaya semua itu bisa kita cari yang penting niat dan kemauan menikmati negeri ini, ( malu dong masak tinggal di Indonesia ga tau Indonesia, percuma udah pernah ke paris,london,milan tapi belum pernah ke lombok,gil,atau raja ampat... hehehee ).
bersantai di tepi pantai
Setelah dari meno kami pun lanjut ke gili air di sini sama kami juga snorkling dan bersantai di pantai. Setelah puas kami pun pulang ke senggigi nah dalam perjalanan pulang ini kami dapat cuaca yang tidak bagus ombak gede angin kencang jadi kapal harus berjalan pelan dan kapal kami pun sempat mati mesin di tengah laut,kami udah siap2 pake pelampung aja takut terjadi apa2 ahahhah. Akhir setelah menempuh perjalanan panjang kami tiba di senggigi.
foto buat kenangan karena kita udah ketemu oma opa dari belgia

Lagi nunjukin ke oma opa letak jogja dan rute kalau dia mau ke bali dari lombok

Foto dulu kite

Ini modus kita minta tolong di fotoin ma mba bule baru habis itu kita minta foto bareng

Foto ma mba Bule

Bersiap snorkling
Turis yang sedang berjemur yang kita intipin... hehehe

Thank You Gili Nice to meet you
Terima kasih gili terima Tuhan telah memberikan ane dan teman ane kesempatan ke tempat yang indah dan melihat karya mu di negeri ini,semoga ane masih bisa ke sini lagi dan ke tempat – tempat indah lainnya di bumi nusantara...........
salam jelajah walking – walking fun and fun..... hahahaha